Cara mapping network drive di windows 7

Saya pernah diberi tahu oleh seorang teman kantor terkait cara mapping network drive atau folder di server lokal yang terhubung dengan jaringan yang sama dengan saya. Sebelum saya mengetahui cara ini saya selalu menggunakan remote desktop untuk bisa lihat folder diserver. Dengan mapping folder network lebih memudahkan saya ketika akan mengakses drive / folder diserver lokal, karena tinggal klik drive yang sudah terbentuk pada saat di mapping tadi lalu kita bisa langsung melihat semua isi file di drive / folder tersebut. Dibanding ketika saya harus mengetikkan path URL mapping pada windows explorer, cara mapping network ini lebih simpel dan mudah.

Langkah – langkah melakukan mapping network folder pada windows 7 :

1. Pada Start Menu pilih Computer > Klik Kanan > Map Network Drive

map-network-device

2. Setelah anda pilih nanti akan muncul dialog box Map Network Drive

map-network-device-dialog-box

Yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan map network folder ini adalah folder yang akan anda akses harus sudah shared dan pastikan juga anda memiliki akses atau network permission untuk mengaksesnya. 

3. Pada folder textbox pilih network folder dengan melakukan klik pada button browse atau langsung mengetikkan share pathname URL yang ingin anda akses jika sudah selesai klik tombol OK.

4. Langkah keempat ini adalah opsional bisa anda aktifkan atau tidak terserah anda. Pada checkbox ada keterangan Reconnect at Logon, bila anda centang itu artinya ketika anda mulai menyalakan komputer sebagai Administrator windows akan langsung melakukan mapping pada drive atau folder yang sudah anda buat (Otomatis terkoneksi). Namun bila anda masuk bukan sebagai administrator alias user biasa anda bisa mencentang checkbox Connect Using Different Credentials, setelah itu akan muncul Windows Security dialog box yang akan meminta anda untuk memasukkan username dan password login.

windows-security-login

5. Klik button Finish
Ketika anda klik button finish windows akan membuat network drive dan otomatis terbuka pada windows explorer anda. Tampilan dari network drive seperti dibawah ini :

network-location

Setelah itu anda dapat mengakses beberapa atau semua folder, subfolder dan file-file lainnya tanpa perlu remote desktop.

Buat kalian yang mungkin mengalami masalah yang sama tidak ada salahnya untuk dicoba dan jangan lupa di share ke teman-teman anda melalui social media dll.

Semoga bermanfaat, salam tukarpengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *