Cara menambahkan http localhost pada url project wampserver

Ketika kerjaan kantor sedang longgar saya coba install php 7.1.0 pada wampserver 3.0.6 ternyata tidak terlalu sulit. Awal mula saya download terlebih dahulu wampserver versi 3.0.6, menurut informasi yang saya baca wampserver 3.0.6 secara default sudah mempunyai 2 versi php, yaitu 5.6.25 dan 7.0.10. Tapi tenang bro, di versi wampserver 3.0.6 ini kita bisa menambahkan addons php, mysql dan apache. Misal jika anda ingin upgrade mysql, apache atau php anda tinggal cari file addons yang sudah disediakan di webnya atau bisa ke secondary repositorynya di http://wampserver.aviatechno.net/. Ini tampilan wampserver milik saya dan sudah saya coba tambahkan addons php 7.1.0 (versi paling baru).
wampserver-icon-tray
Setelah webserver siap saya kemudian mencoba membuat aplikasi menggunakan php 7 ini. Aplikasi yang ingin saya buat ticket heldesk jika nanti sudah selesai akan saya share di github saya. Untuk membuka halaman homepage wampserver ketikkan localhost pada url browser. Tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini :
wampserver-homepage-php7
Dari tampilan gambar diatas terlihat versi PHP wampserver saya yaitu 7.1.0, versi mysql 5.7.14 dan apache versi 2.4.23. Jadi, jika anda ingin mencoba menginstall PHP 7 dan tidak mau repot bisa gunakan wampserver ini (khusus windows).
Bila sudah siap semuanya sekarang coba buat sebuah project sederhana saja dulu CRUD atau apa. Jika sudah nanti project yang anda buat pada folder root milik wampserver, biasanya ada di directory ‘www’. Pada Your Project akan ada list project anda, tapi yang jadi masalah jika anda klik project anda tersebut tidak akan diredirect dengan sempurna karena sepengetahuan saya di Your Project ini untuk project yang sudah launching. Tapi jika project anda masih dalam tahap production lakukan konfigurasi pada wamp setting dengan cara klik kanan pada tray icon wampserver dipojok kanan bawah, kemudian ikuti petunjuk seperti gambar berikut :
wamp-setting-add-localhost

Nanti secara otomatis akan ditambahkan localhost pada url project anda. Sebenarnya wampserver melarang keras untuk kita melakukan ini :
wampserver-warning-virtual-host
Tapi tenang saja jika project anda memang benar belum laucnhing tidak jadi masalah menurut saya. Atau jika anda ingin mengikuti saran dari wampserver dengan menggunakan virtual host silahkan saja. Untuk cara setting virtual host bisa baca disini : Cara konfigurasi virtual host di windows
Tinggal disesuaikan saja konfigurasinya bro sesuai project yang dibuat. Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel ini, salam tukarpengetahuan.(iwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *