Membuat Shared Folder Host Windows dan Guest Linux Ubuntu

Shared Folder Host Windows dan Guest Ubuntu

Bagi anda yang ingin melakukan shared folder dari (Guest) OS Linux ke (Host) OS Windows melalui VirtualBox sangat mudah kok. Ketika pertama saya pun mengalami kesulitan ketika harus melakukan shared folder. Klo untuk shared folder anda tidak butuh samba, cukup degan VirtualBox Guest Additions (VBoxGuestAdditions).

Untuk menginstall Guest Additions ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Tentang bagaimana cara menginstall VBoxGuestAdditions anda bisa lihat pada artikel saya sebelumnya Cara Install VirtualBox Guest Additions di Linux Ubuntu Setelah VBoxGuestAdditions terinstall langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi shared folder. Silahkan menuju ke Menu Devices > Pilih Shared Folder. Dan konfigurasi seperti dibawah ini
Membuat Shared Folder Host Windows dan Guest Linux Ubuntu

Folder dari OS Host yang ingin saya share disini adalah My Documents. Anda bisa menambahkan beberapa folder shared yang ingin anda shared di (Host) Windows. Itu optional terserah anda yang penting disini saya menjelaskan mengenai shared folder dan anda bisa melakukan konfigurasinya. hee Langkah selanjutnya baru nih, kita bermain dengan console (terminal linux). Untuk langkah yang selanjutnya. Silahkan buka terminal linux anda dengan kombinasi CTRL+ALT+T.
Membuat Shared Folder Host Windows dan Guest Linux Ubuntu
Lalu login sebagai root dengan perintah ‘sudo su’. Agar share folder berjalan lancar silahkan anda buat folder di root guest anda. Bisa dengan Create Directory atau dengan perintah mkdir di console, terserah anda. Tapi sebagai contoh disini saya akan buat folder dengan nama “Datasaya”.
Jika semua persyaratan sudah siap tinggal anda ketikkan perintah dibawah ini pada console / terminal linux anda : ~# sudo mount -t vboxsf My_Documents /home/root/Datasaya 

My_Documents adalah Folder di OS Host (Windows) yang ingin anda Share, kemudian Datasaya adalah Folder tujuan di OS Guest (Linux) anda. Jika anda ingin melakukan share banyak folder silahkan ulangi langkah-langkah yang sudah saya jelaskan tadi.

Semoga bermanfaat. Salam tukarpengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *