Penggunaan link nofollow di website

Link Nofollow” adalah cara yang disediakan google bagi para webmaster untuk memberitahu search engineDon’t follow links on this page” atau “Don’t follow this specific link“.

penggunaan-link-nofollow


Pada dasarnya, atribut nofollow sudah ditampilkan di halaman level meta tag dan menginstruksikan pada search engine agar tidak mem-follow(crawl) beberapa link keluar yang ada pada halaman website.

Untuk contoh bisa lihat dibawah ini :

<meta name=’robots’ content=’nofollow’/>

Sebelum atribut nofollow digunakan pada link-link individual, pencegahan terhadap robots untuk mengikuti link-link individual dari sebuah halaman website membutuhkan banyak usaha (sebagai contoh untuk mengalihkan sebuah link menuju URL halaman lain akan diblock pada file robots.txt). Oleh karena itulah atribut nofollow dari rel atribut dibuat.

Cara ini memberikan banyak kontrol bagi seorang webmaster bagaimana memberitahu si search engine dan bots untuk tidak mengikuti beberapa link keluaran di halaman website.

Dengan begitu lebih memudahkan kita untuk menginstruksikan si robots.txt untuk tidak menjelajahi/crawl link nofollow. Contoh :

<a href=’sign-in.php’ rel=’nofollow’>Sign in</a>

Bagaimana google mengatasi link nofollow?

Pada umumnya google tidak akan mengikuti link-link nofollow. Itu artinya Google tidak akan mentransfer PageRank atau anchor text melalui nofollow link. Jadi pada dasarnya penggunaan nofollow link tidak akan berpengaruh apa-apa terhadap PageRank website tersebut.

Walaupun tidak menggunakan atribut nofollow, google tetap menampilkan halaman website kita pada indexnya. Yang paling penting adalah beberapa search engine punya cara tersendiri untuk mengatasi link nofollow.

Dibawah ini ada video yang menjelaskan tentang link nofollow

Semoga ulasan yang saya tulis ini bermanfaat. (iwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *