Mengenal Quasar Framework Javascript Hybrid

Quasar adalah Framework frontend yang digunakan untuk development mobile apps hybrid yang memiliki konsep SPA (Single Page Application). Quasar menyertakan Command Line Interface(CLI) sendiri untuk membuat dan mengelola proyek yang anda kerjakan.

quasar-framework-mobile

Sebenarnya quasar ini mengadopsi CLI milik Vue.js yakni vue-cli sehingga yang sebelumnya sudah terbiasa dengan vue-cli tidak akan kesulitan ketika menggunakan cli quasar.

Untuk hal yang berurusan dengan template quasar menyediakannya sangat detail dan dipikirkan dengan matang. Untuk css defaultnya quasar menggunakan stylus dan sistem gridnya menggunakan flexbox.

Untuk membungkus aplikasi ini agar bisa digunakan di Android ataupun IOS, quasar sangat bergantung pada Cordova. Quasar memberikan akses API yang merupakan kebutuhan umum yang bisa digunakan ketika akan mengembangkan mobile apps seperti menyimpan web, cookies, dan deteksi platform.

Walaupun memiliki sedikit rating bintang di github, pembuat quasar nampaknya sangat berkomitmen untuk melanjutkan pengembangannya. Hal itu terlihat dari dokumentasinya yang dibuat sangat teliti dan terorganisir dengan baik.

“Quasar adalah solusi fullstack yang dengannya anda dapat membangun situs web yang responsive, aplikasi mobile hybrid, dan aplikasi Elektron dengan kode dasar yang sama. Anda hanya menulis kode sekali dan kemudian anda bisa menyebarkan ke beberapa lingkungan” – Razvan Stoenescu, Pembuat Quasar

Berdasarkan penggunaannya quasar akan bekerja sangat baik dengan aplikasi baru, namun sebaliknya tidak ideal jika diintegrasikan ke dalam project yang sudah ada.

Terkait theming, pilihan theming pada quasar sangat kuat. Anda dapat beralih antara tema Material dan iOS tanpa harus melalui kode aplikasi.

Silahkan anda pelajari lebih dalam lagi agar terbiasa dengan penggunaan Quasar Framework ini.(iwn)

Leave a Reply