Cara Menghentikan Generate Image Sizes di WordPress

Bagi anda pengguna CMS WordPress apakah sudah mengetahui bahwasannya wordpress melakukan generate image sizes ketika kita mengunggah sebuah foto ?

Hal seperti ini bisa saja menimbulkan masalah bagi anda jika space hosting sever yang anda gunakan dibawah 500MB dan itu sangat sedikit jika harus menyimpan banyak file gambar. Apabila kondisinya seperti ini mau tidak mau anda harus upgrade paket layanan hosting dengan space diatas 500MB.

Pada tutorial kali ini saya akan coba sedikit berbagi cara menghentikan generate image sizes di wordpress tanpa menggunakan plugin.

Ketika anda mengunggah sebuah foto / gambar ke wordpress, anda akan mendapati setidaknya 5 atau lebih gambar yang tersimpan pada folder upload di hosting anda, belum lagi generate tambahan yang dilakukan oleh template yang anda gunakan.

Untuk menghentikannya ada 3 tahapan yang harus dilakukan :

Tahap 1 : Cek berapa banyak image yang tergenerate oleh wordpress

Ketika sebuah foto / gambar diunggah ke wordpress, kurang lebih ada 3 ukuran standar : thumbnail, medium, dan large. Tapi tidak menutup kemungkinan template yang anda gunakan sekarang ini juga memiliki andil foto / gambar yang diunggah tergenerate menjadi beberapa ukuran.

Coba anda lihat admin panel kemudian ke bagian Media > Add New. Setelah itu Unggah sebuah gambar / foto.

upload-media-wordpress

Sekarang untuk mengeceknya anda bisa lihat pada folder uploads. Silahkan koneksikan akun hosting anda, bisa melalui FTP atau langsung pada Dashboard CPanel.

Jika melalui CPanel buka File Manager > public_html > wp-content > uploads

Sekarang lihat gambar yang baru saja anda unggah tadi akan digenerate menjadi beberapa ukuran.

upload-image-size-cpanel
folder upload pada cpanel

Jika saya cek pada CPanel WordPress saya, ada sekitar 6 ukuran tambahan yang tergenerate untuk setiap gambar yang diunggah. Hasil ini bisa berasal dari ukuran standar wordpress maupun ukuran yang digenerate oleh template wordpress.

Tahap 2 : Menghentikan generate image size yang dilakukan wordpress

Jika anda sudah mengetahui penyebab gambar tersebut tergenarate langkah mudahnya anda ke bagian Settings > Media pada Admin Panel wordpress.

media-settings-size-1

lalu lakukan perubahan pada semua nilai sizes menjadi 0, cara ini akan membuat wordpress menghentikan generate gambar ke beberapa ukuran.

media-settings-size

Sekarang kita sudah menghentikan generate ukuran yang dilakukan wordpress pada tahap selanjutnya kita akan menghentikan generate image size pada template wordpress yang digunakan.

Tahap 3 : Menghapus default code / script dari template wordpress

Beberapa image yang tergenarate ada yang berasal dari template yang digunakan. Untuk mengetahuinya silahkan ke bagian Apperance > Editor lalu edit pada file functions.php

Pada file ini, anda akan menemukan beberapa baris code yang melakukan generate gambar.

CTRL + F¬†kemudian¬†Find “add_image_size” :

set_post_thumbnail_size( 1200, 9999 );
add_image_size( 'homepage-thumb', 220, 180, true );

function set_post_thumbnail_size dan add_image_size inilah yang digunakan oleh template kita untuk mengenerate image size tambahan.

Anda bisa komentari pada baris code tersebut atau menghapusnya. Tapi saya sarankan dikomentari saja untuk antisipasi jika suatu saat nanti anda membutuhkannya.

Baiklah sebagai penutup saya sangat berharap semoga saja tutorial Cara Menghentikan Generate Image Sizes di WordPress dapat bermanfaat.(iwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *