Cara aman melihat iklan adsense di web sendiri

Sebelum bermain dengan google adsense alangkah baiknya memahami bagaimana cara aman melihat iklan adsense di wen sendiri. Melihat – lihat web sendiri yang sudah memiliki iklan adsense beresiko menimbulkan aktivitas tidak valid karena jumlah tayangan dari setiap iklan yang terdapat pada page akan dihitung oleh google.

Apabila kamu menggunakan platfom blogger, kamu bisa memanfaatkan pratinjau atau preview yang dimiliki blogger karena tampilan blog atau jumlah tayangan iklan tidak akan dihitung. Sebab pratinjau yang dimiliki blogger tidak menampilkan url blog kamu. Beda halnya jika blog kamu dibuat menggunakan platform wordpress, ketika kamu menggunakan preview di wordpress yang akan ditampilkan adalah url blog asli jadi nantinya setiap tayangan yang tampil akan dianggap sebagai tayangan tidak valid.

Keuntungan lain yang kamu dapatkan jika menggunakan platform wordpress adalah ketika seseorang mengomentari artikel dan kamu ingin memberikan balasan pada komentar tersebut maka cara yang paling aman adalah jangan menjawab komentar dengan membuka blog atau website langsung tapi jawablah komentar melalui dashboard wp-admin, dengan begitu kamu tidak akan terlalu sering membuka blog sendiri secara berlebihan.

Saran google menghindari tayangan tidak valid

Belum lama ini sekitar bulan juli 2018 google adsense mengeluarkan fitur google publisher toolbar. Manfaat dari fitur ini untuk menghindari klik pada iklan sehingga nantinya jumlah tayangan akan di filter terlebih dahulu oleh pihak google dan aman dari resiko melakukan tayangan tidak valid. Selain itu setiap iklan yang kamu pasang pada web akan dilindungi oleh lapisan transparan buatan google publisher toolbar.

Langkah – langkah memasang extension google publisher toolbar

Gunakan extension Google Publisher Toolbar

Cara installnya cukup mudah kamu hanya perlu klik tanda titik 3 di pojok kanan atas browser chrome kemudian pilih more tools > extensions > dipojok kiri bawah ada pilihan Open Chrome Web Store >
pada kotak pencarian ketikkan Goolge Publisher Toolbar > lalu setelah itu klik button Add to Chrome. Setelah itu nanti akan tampil seperti gambar berikut :

google-publisher-toolbar-1

Tampilan ikon google publisher toolbar

Bila sudah terinstall nantinya icon Google Publisher Toolbar akan berjejer dengan icon extension lain jika memang kamu menginstall icon lain. Tampilannya seperti gambar dibawah ini :

google-publisher-toolbar-2

Aktifkan google publisher toolbar

Pilih Enable Google Adsense lalu login dengan akun gmail yang sudah kamu gunakan untuk mendaftar google adsense. Nanti kamu akan dimintai Otorisasi situs untuk memberikan akses kepada Google Publisher Toolbar melihat dan mengelola data adsense serta histori bantuan google.

google-publisher-toolbar-3

Melihat rincian google adsense

Jika sudah berhasil memasang Google Publisher Toolbar akan muncul rincian data google adsense beserta jumlah iklan yang terpasang. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

google-publisher-toolbar-4

Apabila ikon belum menyala terang atau aktif coba kamu reload page terlebih dahulu setelah itu buka kembali website kamu. Sangat mudah sekali bukan kamu bisa lihat penghasilan hari ini, minggu ini, bulan ini dan penghasilan pertahun.

Cara ini saya rasa jauh lebih aman untuk mencegah invalid trafik akibat ketidaksengajaan kita mengklik iklan. Dengan adanya tools Google Publisher Toolbar ini iklan yang tampil pada web akan terlindungi.

Penting bagi kita selaku publisher iklan – iklan google untuk mengetahui cara bermain google adsense yang aman agar akun adsense kita tidak terkena banned. Bagi kamu yang ingin mencoba bereksperimen dengan tools ini silahkan saja. Karena artikel ini saya buat sebagai pengingat sekaligus informasi bagi yang membutuhkan. (iwn)

 

source : support.google, forum juragancipir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *